Selasa, 05 November 2013

abdu ar Rochman

aneh ya judul postingannya? kok abdu ar Rochman ... seperti nama orang? yup ... memang abdu ar Rochman adalah salah satu nama yang sering digunakan oleh muslim (orang islam). Terus apa hubungannya dengan posting kali ini? Hubungannya adalah bisa ada, bisa mengada-ada. kok gitu sih? ya ... memang harus begitu. karena postingan ini dibuat dengan tujuan untuk membidik keywords Rochman pada SERP hasil googling ... he3x.
terus apa langkahnya agar masuk dalam pejwan, kan blog rochman.blogspot.com dan rochman.wordpress.com dan domain2 rochman  yang lainnya sudah terdaftar.
tentunya yang pertama kali dibuat adalah nama domain harus mengandung kata rochman, karena rochman.blogspot.com sudah ada yang menggunakan, maka saya daftarkan http://rochmann.blogspot.com ... kok pake dobel n? ya ... karena saya penggemar film india yang berjudul Mann ;)
setelah nama domainnya dibuat, berikutnya adalah membuat artikel yang judul postingnya harus mengandung kata ROCHMAN, so saya buatlah judul 'abdu ar Rochman'. Kenapa begitu? kenapa tidak langsung rochman saja? coz saya ingin menjelaskan tentang penggunaan kata rochman dalam pemakaian nama orang.
seperti yang kita ketahui (sebagai orang muslim) ar Rochman adalah salah satu nama-nama Allah SWT dalam asma'ul husna, yang artinya Maha Pengasih.


Ar-Rochman, Dialah yang memberi Anugerah bagi seluruh makhluk dengan tanpa membeda-bedakan dan tanpa keraguan. Yang baik maupun yang buruk, yang beriman maupun yang kafir, yang dicinta-Nya maupun yang dibenci-Nya, semua tetap mendapatkan kepemurahan-Nya serta mendapatkan rezeki dan pemberian-Nya, tanpa kecuali dan tanpa pandang bulu.

 "Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu" (Al-A'raf [7] : 156)

Asma inilah yang secara khusus disandingkan dengan kata 'Allah'.
"Serulah Allah atau serulah Ar Rohman. Dengan nama-nama yang kamu seru. Dialah yang mempunyai nama-nama yang paling indah" (Al-Isra [17] : 110).

Berbeda dengan Ar-Rohim, asma Ar-Rohman mengharuskan adanya obyek. Ia menghendaki adanya sesuatu yang diberi dan dikasihani. Dari sinilah ia menciptakan makhluk. Dari gambaran Ar-Rohman-lah Ia menciptakan manusia.
Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah menciptakan Adam berdasarkan citra Ar-Rohman". Ia menghendaki adanya ciptaan untuk dikasihi-Nya dan menerima pemberian-Nya. Seorang hamba Ar-Rohman adalah seorang yang senantiasa memberikan kelebihannya kepada siapapun dan makhluk apapun dengan tulus dan tanpa pamrih, bahkan tanpa mengharapkan ucapan terima kasih. Pemberiannya tak pandang bulu dan tanpa kecuali. Ia hanya ingin memberikan manfaat demi kemaslahatan makhluk yang diberinya, tanpa mengharapkan apapun bagi dirinya sendiri. Ia menjadikan dirinya alat untuk mengungkapkan rahmat Allah bagi alam semesta.

"Ya Allah, Zat yang memberi kasih sayang-Nya di dunia dan akhirat, Engkaulah yang memberikannya kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkaulah yang menahannya dari siapa yang Engkau kehendaki. Kasihilah aku dengan kasih sayang yang membuat aku tidak membutuhkannya lagi selain dari-Mu.
Ya Allah, Engkaulah Ar-Rohman dan tempat meminta pertolongan".

Sumber : AL-MUJIB Al-Qur'an dan Terjemahannya, Edisi Asmaul Husna dan Do'a.

karena ar Rochman adalah salah satu nama Allah SWT, maka jika seseorang ingin menggunakannya sebagai nama pribadi SEHARUSNYA menambahkan kata abdu (hamba) sebelum kata ar Rochman,  sehingga menjadi abdu ar Rochman yang artinya hamba dari Allah Yang Maha Pengasih, kalau hanya atau langsung Rochman berarti kita menyamakan dengan sifat Allah SWT ... artinya secara tidak langsung menyekutukan Allah SWT,
lha?! kok nama saya Rochman Arif hayoooo ... yaaa itukan yang memberi nama orang tua saya, bukan saya ... karena nama termasuk salah satu doa orang tua terhadap anaknya, mungkin dengan memberikan nama tersebut orang tua saya berharap agar saya menjadi orang yang memiliki sifat welas asih dan bijaksana dalam berbuat dan bersikap ;)

1 komentar:

anda sopan saya segan, anda kurang ajar saya hajar ;)